Blogger templates

HATI HATI PASANG WIDGED PADA BLOG KARENA BISA KE REDIRECT RIPWAY H1

Posted by Unknown On Sabtu, 01 Juni 2013 0 komentar

Pada posting Kasus Blogger di-Redirect ke Ripway.com & Solusi Mengatasinya, saya telah mengemukakan detail penyebab blog diredirect ke ripway.com, yaitu adanya widget yg scriptnya mengandung redirect, redirect tidak hanya terjadi ketika blog dibuka, namun ketika sang blogger login ke Blogger.com atau ketika masuk ke halaman dashboard tertentu. Dengan demikian, kasusnya sama sekali lain karena sumbernya tidak berasal dari widget, melainkan dari komputer sang blogger yg telah disusupi trojan. Trojan bisa masuk melalui banyak cara, kebanyakan adalah ketika user execute file tertentu dari suatu link ketika online. Dari beberapa kasus yg saya cermati, akhir-akhir ini sumbernya berasal dari link spam yg dikirimkan melalui wall post, message, atau chat Facebook. Ada yg bilang sumber awalnya adalah dari Zinga. Penyebaran malware ini juga dilakukan secara langsung melalui hack/hijack pada halaman web, bahkan pada komputer.
Kasus redirect ripway.com tidak hanya terjadi pada login Blogger, melainkan juga pada login Facebook,  serta beberapa social media lain. Hal ini lazim disebut fake login. Terbanyak adalah kasus login Facebook. Problem ini juga muncul ketika seorang user mengetikkan keyword tertentu di search engine (Yahoo, Google, dll) lalu diarahkan ke salah satu halaman h1.ripway.com.
Gejala-gejala yg dapat dilihat ketika sebuah komputer yg terinfeksi virus/malware h1.ripway.com:
1. Proses komputer menjadi berat & lambat.
2. Koneksi internet melambat.
3. Muncul pop up window yg berisi peringatan.
4. Homepage website tertentu di-redirect.

Ripway.com sendiri sebenarnya adalah situs web hosting gratis (max 30 MB). Sayangnya, web hosting itu sering dimanfaatkan untuk menyimpan dan menghosting web bermuatan hal-hal negatif (spam, phising, malware, scam, dll), sehingga kemudian mendapat blacklist dari situs-situs review web hosting gratis. Sayangnya lagi, malware yg meredirect ke ripway.com (dan beberapa situs web hosting gratis lain).terdiri dari berbagai macam jenis,

Cara untuk mengatasinya adalah dengan meghapus widged yang mengandung redirect ripway h1 tersebut,.

hati hati dalam memilih widged perhatikan htmlnya kalau itu mengandung redireckt ripway h1 maka jangan diambil karena itu dalah salah satu cara heacker untuk mengendalikan blog kita.
     


semoga bermanfaat

Semoga artikel HATI HATI PASANG WIDGED PADA BLOG KARENA BISA KE REDIRECT RIPWAY H1 bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar